Pentingnya Peran Keluarga Dalam Perkembangan Sosial

Parepare, Pandawa-5 | Keluarga berperan penting memperkenalkan cara-cara hidup bersama orang lain. Anak diajak memahami lingkungan lebih luas sehingga nanti benar-benar siap hidup dalam masyarakat.

Orang tua memperkenalkan anak tentang norma yang berlaku di masyarakat seperti norma dan nilai-nilai sosial yang berlaku dalam masyarakat. Dalam rangka sosialisasi ini, anak diajarkan menjalankan kehidupan sesuai nilai dan norma di masyarakat.

Keluarga berperan membina dan membimbing anggota keluarganya untuk beradaptasi dengan lingkungan fisik maupun lingkungan budaya di mana ia berada.

Bila semua anggota sudah mampu beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggal, maka kehidupan masyarakat akan tercipta menjadi kehidupan yang tenang, aman dan tenteram.

Disisi lain keluarga juga berperan  menciptakan ketahanan sosial dalam masyarakat. Jika keluarga memiliki Ketahanan dan kekuatan maka, dapat menciptakan masyarakat yang kokoh dalam menghadapi tantangan perubahan dan perkembangan yang ada di lingkungan masyarakat.

See also  Dampak Positif dan Negatif Chat GPT AI Terhadap Kecerdasan Intelektual

Dalam kehidupan keluarga tidak terlepas dari penilaian dari masyarakat, baik itu agama dan adat yang berlaku pada lingkungan sosial tersebut.

Dilihat dari zaman yang dimana, era teknologi yang berkembang begitu cepat, informasi sangat dengan mudah dan cepat di akses sehingga mempengaruhi baik itu nilai-nilai positif dan nilai-nilai negatif, serta nilai-nilai baru dan lama seiring dengan perkembangan zaman.

Nah disinilah keluarga  berperan penting dalam menghadapi perkembangan zaman tersebut.

Keluarga memberikan pembinaan awal kepada anggota-anggotanya karena, yang seperti kita ketahui bahwa madrasah pertama bagi anggota keluarga atau tempat menimba ilmu pertama bagi anggota keluarga adalah keluarga itu sendiri baik itu, ayah dan juga ibu.

See also  Terima Bantuan dari BNPB, Bupati Adnan Berikan Langsung ke Kecamatan Terdampak

Nah dengan pembinaan awal tersebut maka, anak atau anggota keluarga mampu untuk beradaptasi dalam lingkungan yang lebih besar lagi baik itu, lingkungan sosial masyarakat dan bangsa. (**)

 

Penulis:

NAMA : PATMA SARI

NIM: 2020203886208060

KELAS : PAI 6B

PRODI : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

FAKULTAS : TARBIYAH

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img